Definisi Purchasing – Bagaimana Cara Meningkatkan Kinerja Staf Purchasing dan Membentuk Hubungan Baik Dengan Vendor

Bisnis

Apa kalian tau apa itu purchasing? Purchasing adalah divisi yang bertugas melakukan oembelian barang atau jasa yang dibutuhkan dalam perusahaan. Kualitas divisi purchasing sangat berpengaruh pada efisiensi pembelian dan pengadaan barang atau jasa di perusahaan. Di bawah ini ada penjabaran tentang cara untuk meningkatkan kinerja divisi purchasing.

  • Mempertimbangkan daftar permintaan pembelian barang

Staf purchasing harus terlebih dulu memeriksa persedian barang di gudang sebelum mencatat barang-barang yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran dana oleh perusahaan.

  • Penyesuaian proses purchasing terhadap inventaris

Hal ini dilakukan agar dapat memanfaatkan inventaris perusahaan menjadi lebih baik lagi.

  • Memantau keadaan pasar global

Divisi purchasing adalah divisi yang harus mengetahui keadaan pasar global. Dilakukannya pemantauan tersebut untuk mengetahui kondisi harga-harga barang di pasaran.

  • Melakukan perhitungan yang tepat mengenai harga barang

Pada proses pembelian barang, divisi purchasing perlu mempertimbangkan harga-harga yang ditawarkan oleh vendor. Namun, yang menjadi fokus harga bagi divisi purchasing adalah harga pengiriman barang, harga layanan yang diberikan oleh vendor, dan sebagainya.

  • Memberikan bimbingan rutin untuk staf purchasing

Agar para staf memiliki kinerja yang baik, maka dibutuhkan pelatihan bagi para staf untuk meningkatkan produktivitas kinerja divisi purchasing.

 

Purchasing adalah divisi yang membutuhkan staf dengan keahlian seperti komunikasi yang baik. Selain staf yang komunikatif, divisi purchasing membutuhkan staf yang juga pandai dalam bekerja sama dengan vendor. Adapun cara yang dapat dilakukan oleh divisi purchasing adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan vendor. Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan divisi purchasing, yaitu sebagai berikut.

  1. Hubungan kerja sama yang baik

Divisi purchasing adalah bagian yang berperan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan melalui terjalinnya hubungan baik antara mereka dan vendor. Oleh karena itu, mereka harus dapat menjaga jalinan kerja sama yang baik dengan vendor.

  1. Membuat kesepakatan dengan vendor

Dibuatnya kesepakatan antara perusahaan khususnya divisi purchasing dengan vendor agar keduanya saling mengetahui kebutuhan masing-masing. Contohnya, vendor mengetahui barang seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga divisi purchasing membuat suatu kesepakatan Bersama, entah itu mengenai harga atau semacamnya.

  1. Mengontrol faktur pembayaran

Bagian purchasing adalah divisi yang bertugas dalam pembelian barang kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, divisi purchasing perlu teliti dalam perihal pembayaran faktur dari barang-barang yang telag dibeli.

  1. Membuat KPI kinerja vendor

Dengan adanya KPI, perusahaan memiliki ukuran untuk menilai kinerja vendor. Apakah vendor yang bekerja sama dengan perusahaan memiliki kualitas yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

  1. Mengatur proses pengajuan biaya

Divisi purchasing adalah divisi yang bertanggung jawab dalam segala bentuk proses pembelian barang. Dengan demikian, semua bukti-bukti pembayaran dari hasil pembelian barang harus disimpan baik agar mudah untuk memberikan laporan kepada divisi keuangan.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa purchasing adalah bagian dari suatu perusahaan yang bertanggung jawab ata pembelian barang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan meningkatkan kinerja divisi purchasing dan membentuk hubungan baik dengan vendor, maka hal tersebut akan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan khususnya pada urusan pembiayaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *