Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Semua Sektor

Bisnis

 

 

 

Distributor Peralatan Safety Jakarta Seperti tertera pada Undang-undang No. 13 Th. 2003 Paragraf 5 Pasal 87 Butir (1) tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, masing-masing perusahaan wajib merealisasikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan. Ketentuan ini juga diperkuat oleh Undang-undang Nomor 1 Th. 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Undang-undang Nomor 23 Th. 1992 Bagian Keenam tentang Kesehatan Kerja. Terakhir, terdapat pula PP nomor 50 th. 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Oleh sebab itu, dari ketiga peraturan diatas dapat diputuskan kalau masing-masing perusahaan, industri, ataupun lokasi kerja lain mesti menunjang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) semua pekerjanya. Memahami keharusan itu, Perusahaan mesti mempunyai dan merealisasikan standard keselamatan guna pekerjanya.

Memperhatikan Hal Standar

Hal standard yang perlu diacuhkan dalam sistem operasional yaitu pemakaian Alat Proteksi Diri (APD). Misalnya saja pemakaian safety belt ketika berada di elevasi dan pemakaian masker ketika berada ditempat berdebu. Atau pemakaian sepatu safety yang biasa dipakai pekerja proyek dan pekerja pabrik. Oleh sebab itu, perangkat yang dipakai juga mesti mengisi standard yang cocok dengan kriteria kesehatan. Sebab, keselamatan pekerja yakni hal yang terpenting.

meskipun seluruh karyawan dibekali oleh APD, terdapat perbedaan antara mereka yang bekerja di lapangan dan kantor. Hal ini semata-mata sebab resiko kemalangan kerja yang berbeda. Oleh sebab itu, APD yang diserahkan pun berbeda. Begitu pula dengan mereka yang bekerja di laboratorium, kemudahan APD-nya juga berbeda.

Perbedaan APD ini salah satunya tampak dari pemakaian sarung tangan (glove). jenis sarung tangan yang digunakan bertolak belakang untuk setiap area kerja. Pekerjaan umum laksana house keeping seringkali menggunakan sarung tangan katun. Sedangkan pekerja di tempat fanatik disediakan sarung tangan high impact dan medium impact untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

Begitu halnya sarung tangan eksklusif laboratorium yang dipakai oleh pekerja laboratorium, dan sarung tangan kevlar guna mereka yang bekerja ditempat bertemperatur tinggi. Ini semua dilaksanakan untuk mengayomi karyawan. Sebab, prinsipnya karyawan berangkat dari dan kembali ke rumah tersebut selamat.

Itulah sepintas mengenai implementasi K3 yang telah dilaksanakan oleh sejumlah perusahaan. Semoga info ini dapat memberikan pemahaman bakal pentingnya K3 di masing-masing sektor kegiatan yang kita kerjakan. Tetap sehat dan selamat!

Toko Jaya Safety Jakarta

 

Gedung LTC Glodok Gf 2 Blok A16 No.5 Jl. Hayam Wuruk No.127 Jakarta Barat, Jakarta Barat
DKI Jakarta , Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *